Kamis, 03 November 2016

Perubahan sejarah ekonomi bangsa yang dilakukan oleh Raffles

Perubahan sejarah ekonomi bangsa yang dilakukan oleh Raffles


Cara Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Ingatkah anda, pada saat penjajahan Inggris pernah ada seseorang penguasa yang bernama Thomas Stamford Raffles. Siapa Thomas Stamford Raffles? Dia yaitu satu diantara orang yang pernah kuasai Indonesia di bawah pemerintahan kolonialisme Inggris. Ada banyak hal yang dikerjakannya saat menjabat sebagai gubernur jendral Inggris di Hindia Belanda ini. Umpamanya saja di bagian perekonomian. Apa sajakah yang sudah dikerjakannya? Yuk kita simak pengertiannya bersamasama. Memanglah, Raffles sudah lakukan banyak hal yang diperuntukkan untuk memajukan perekonomian Hindia. Tetapi tindakantindakan itu tidak pernah mensejahterakan rakyat, namun jadi tingkatkan keuntungan pemerintah kolonial Inggris saja. Di bawah ini yaitu sebagian aksi yang sudah dikerjakan Raffles untuk memajukan perekonomian kolonialisme :


Diberlakukannya system sewa tanah atau land rent. Hal semacam ini sukses untuk memajukan ekonomi pemerintah Inggris.


Pajak dihapuskan hasil bumi harus untuk diantar pada pemerintah kolonial.


Kerja rodi, system monopoli, serta perbudakan dihapuskan.


Lokasi desa dipakai untuk unit administrasi penjajahan.



Perbuatannya mengenai land rent itu dilandasi dari gagasannya yang memikirkan kalau tanah yaitu aspek produksi. Untuk satusatunya yang memiliki tanah yang ada di Hindia Belanda ini yaitu pemerintah. Sudah pasti, dengan pemikiran itu, Raffles memikirkan kalau lumrah sekali untuk rakyat untuk membayar pajak ke pemerintah. Pajak yang perlu dibayarkan oleh rakyat berbentuk perseorangan. Tarif pajaknya juga bergantung dari harga tanahnya.


Bagaimana pendapatmu mengenai hal semacam itu? Pastinya hal semacam itu begitu merugikan untuk rakyat Indonesia. Mereka yang telah sulit payah menanam, jadi mereka yang yang perlu menyetor ke pemerintah Inggris. Hal semacam ini beresiko pada kehidupan rakyat yang makin susah dari hari ke hari. Karenanya, kita mesti selalu pelajari sejarahnya supaya hal semacam ini tak terulang lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar